Tutorial SWAP Memory Internal Samsung Galaxy W ( For ICS & Jellybean CusROM )


Selamat pagi agan agan.
kali ini ane akan memberi sedikit tips yaitu menukar penyimpanan internal dengan sd card di samsung galaxy w a.k.a wonder. kenapa ini perlu dilakukan? sehubungan memori internal wonder yg terbatas, dan kebanyakan aplikasi - aplikasi yang di install datanya akan masuk ke internal, jadi pasti sangat menyiksa para pengguna wonder. telebih lagi jika ingin memainkan game2 HD seperti wild blood dll pastinya memerlukan ruang kosong yang cukup banyak. oke gausah banyak bacot lg,  langsung aja kita mulai tutornya..

bahan bahan yang perlu disiapkan :
- Root Exploler atau bahasa gaulnya Rootex hahaa ( pastikan hh ente telah terRoot)
- BACKUP FIRST!! untuk menghindari hal hal yg tidak di inginkan ( misal bootloop )

- Tutorial untuk Stock / ROM based ICS
1. Instal Root Explorer
2. Buka Rootex
3. menuju System/etc/Vold.fstab ( jangan etc yang lain ye !! atau jaminan bootloop )
4. Long press Vold.fStab terus pilih Open In Text Editor
5. Lalu edit.. samakan dengan SS dibawah ini


( Penempatan kata-kata dan letaknya harus sama dan sesuai )

7. lalu pilih Save and exit
8. Reboot. enjoy

- Tutorial untuk ROM Based Jelly Bean
Bahan dan cara sama seperti Tutor untuk ICS. yang beda hanya pada bagian pengeditan vold.fstab saja
edit dan samakan seperti foto dibawah ini


Save and exit. Reboot. Enjoy..

Tested by : me

sekian dari ane, semoga postingan ane bermanfaat. INGAT! 
pembaca yang baik selalu meninggalkan Jejak ( komentar )
wassalamualaikum..

14 Responses to Tutorial SWAP Memory Internal Samsung Galaxy W ( For ICS & Jellybean CusROM )

  1. gan mw lapor koq hp saya malahga mw masuk ke menu setelah di reboot, padahal ane udah lakukan sesuai tutor

    ReplyDelete
  2. @andri : ente ngikutin tutor buat yang mana?
    kalo bootloop pasti ada yang salah gan.
    pastiin ente lebih teliti lagi. diflash ulang lagi gan:D

    ReplyDelete
  3. kmaren salah tutor yg ane ternyata malah jb yg ane pke pdahal rom ics, maaf hehehe
    klo tandanya berhasil kya gmn ya?

    ReplyDelete
  4. ente buka aja file manager apa aja. kalo langsung masuk ke sdcard brarti udah berhasil

    ReplyDelete
  5. sukses gan!! terimakasih atas tutornyaa :D

    ReplyDelete
  6. sukses gan untuk JB.. thanks.. :)

    ReplyDelete
  7. saya ini ada masalah di root explorernya. ga bisa di save change kenapa ya ?

    ReplyDelete
  8. pastikan hh ente uda di root gan :) @dimas
    untuk lebih mudahnya copy aja dulu vold.fstab nya ke sdcard, terus edit disana. setelah selsai di edit, baru pindahin ke system/etc/ :)

    ReplyDelete
  9. gan, ane pake jb, tapi kok pas ngubah angka 1 dan 0 nya gk mau ya..? udh di save malah, tapi pas dibuka lagi malah balik lagi kayak awal,,

    ReplyDelete
  10. Thanks, akhirnya gue bisa memainkan game-game hd kesayangan gue

    ReplyDelete
  11. @agan yoppy : solusinya copy dulu vold.fstab nya ke sdcard, terus edit disana. baru ente copy and replace ke /system/etc. biasanya disini vold.fstab yang asli langsung kerename jadi vold.fstab.bak. tengkyu udah mampir :)
    @agan Rifky : thanks juga udah mampir komeng gan :shakehand:

    ReplyDelete
  12. gan ane udah pindahin ke sd card,edit disana,pas mau paste di system gk mau gan..ada tulisan read only.Gmn gan jd?

    ReplyDelete
  13. Gan kalo ane abis cusrom pengen diswap bisa gk? ATau bootlop
    Rom miui V5 dan hh lenovo a706

    ReplyDelete