Preview Android 5.0 ( LOLLIPOP ) di Nexus 4 ( Mako )

Hello gan, sist. sori baru sempet update lagi nih, sori banget ya soalnya gue banyak tugas negara yang harus diselesaikan, maklum lah sekarang gue udah jadi mahasiswa huahaha*siapa yang nanya sih?*. oh iyak, ente udah pada tau kan Google ngerilis OS Android versi terbaru? yaitu Android L ( Lollipop ), Ya kali ini gue mau nulis tentang Review atau lebih tepatnya sih curhatan gue tentang Android L. berhubung Gadget yang gue pakai saat ini adalah Google Nexus 4. Karena, baru keluarga Nexus & beberapa HH high-end saja yang mendapat Update Android L.

Review :
Di Android L ini, saya merasakan perubahan yang sangat drastis. Baik dari segi Tampilan / UI sampai ke segi Performance. Di Android L, Performance HH / Gadget jadi terasa lebih Smooth. di karenakan jika di versi sebelumnya default runtime Android menggunakan Dalvik, kini di Default Runtime di Android L adalah ART. untuk lebih jelasnya silahkan gugling perbedaan antara ART & Dalvik.
Selain itu, Dari segi tampilan google juga merubah Total UI dari versi Android sebelumnya, ( Silahkan lihat di SS di bawah ). dan menurut ane, UI di Android L ini cukup menarik dan tidak terlalu monoton.

Kekurangan & Bugs :
Ada beberapa kekurangan yang sebenarnya cukup penting buat ane. pertama, dari segi performance Batterai. di Android L ini batterai Drain lumayan terasa, di karenakan mungkin masih belum stabil di Versi LRX21T ini.
Kedua, karena default runtime nya menggunakan ART, sehingga ada beberapa aplikasi yang belum support dengan Android L. Contoh,  Xposed installer.
Belum lama ini, ane sempet baca artikel di Det*ik, yang mengatakan ada Bug Kamera di Android L. Ane juga merasakan, namun setelah update Google Camera, Bug tsb pun menghilang.

Berikut beberapa contoh Screenshoot Tampilan Android L :


Tampilan Awal.


Tampilan SMS/Messaging. 


Tampilan Menu Telepon/Phone.


Camera.


Notification Drawer.


Quick Pulldown.


Menu Setting.


Menu Setting.



So far, ane ngerasa nyaman sama si Lollipop ini. dan buat yang belum dapet atau ngerasain si Lollipop, harap bersabar yak :)

1 Response to Preview Android 5.0 ( LOLLIPOP ) di Nexus 4 ( Mako )